Senin, 04 Juli 2016

CARA MENGURUS TWEJIGEM

     Twejigem  (퇴직금) adalah pesangon yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada tenaga kerja  yang telah bekerja selama lebih dari satu tahun pada suatu perusahaan yang mempunyai karyawan minimal 5 orang. 
  Pembayaran twejigem dapat diterima setelah kita berhenti bekerja. Beberapa perusahaan mengasuransi karyawannya ke asuransi samsung, sehingga perusahaan tidak membayar twejigem kita secara penuh. Sisa pembayaran twejigem dapat diambil di bandara pada saat hari kepulangan ataupun setelah kita pulang.
    
 Bagaimana cara mengurus twejigem?
  • Setelah berhenti bekerja perusahaan akan memberikan  perhitungan jumlah twejigem yang akan kita terima. Selanjutnya kita akan pergi ke bank untuk mengurus metode pembayaran twejigem tersebut bersama dengan orang perusahaan. Kita bisa memilih apakah sisa pembayaran twejigem akan diterima di bandara ataupun dirumah setelah kita pulang. Di bank tersebut kita akan menerima surat sebagai bukti yang akan kita gunakan pada saat pengambilan uang di bandara. 
    contoh surat yang diberikan oleh bank (woori bank)
  • Setibanya di bandara silahkan mendatangi loket bank sesuai dengan bank tempat anda mendaftar pembayaran twejigem. Disitu anda cukup menunjukan surat yang anda terima dari bank sebelumnya dan anda akan di minta untuk menunjukan passport. Di loket tersebut anda hanya akan menerima slip beserta kwitansi jumlah uang yang akan anda terima.

    loket woori bank lantai 3 di dekat counter D
  • Setelah melewati proses pemeriksaan imigrasi datanglah ke loket bank yang ada di area free tax zone dengan menunjukan slip dan kwitansi yang telah anda terima tadi. Petugas bank akan memberikan uang anda secara tunai.
loket woori bank setelah melewati imigrasi di gate 25
Diatas adalah contoh pengurusan di bank woori, anda juga bisa menggunakan bank lain. Datanglah ke loket bank sesuai dengan bank tempat anda mengajukan penerimaan twejigem sebelumnya. Lokasi loket bank dapat dilihat di papan informasi yang ada.

3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat informasi tentang bagaimana cara mengurus TWEJIGEM ini bagi kami

    BalasHapus
  2. Kalau kita buka akun eps kita .jumlah twejigem tidak tampil apa penyebabnya ya???apakah ada kesalahan

    BalasHapus