Senin, 04 Juli 2016

CARA MENGURUS GUKMIN YEONGGEM



       Gukmin  yeonggem 국민 연금 adalah dana pensiun bagi tenaga kerja yang bisa diambil setelah selesai masa kerja ataupun pulang ke Indonesia. Adapun besarannya adalah 9% dari gaji setiap bulannya, perusahaan membayar 4,5% dan 4,5% oleh pekerja.

Cara mengurus gukmin yeonggem tidaklah sulit. Beberapa hari sebelum kepulangan atau maximal satu bulan sebelum hari kepulangan datanglah ke kantor gukmin yeonggem terdekat di tempat anda tinggal.

Dokumen yang perlu  anda siapkan adalah :
  1. Passport
  2. ID Card / KTP orang asing
  3. Bukti pembelian / pemesanan tiket pesawat
  4. Buku tabungan atas nama sendiri untuk rekening indonesia ataupun buku rekening easy one yang biasa anda pakai jika ingin menerima pembayaran lewat rekening bank

        Di kantor gukmin anda akan diminta mengisi formulir, disini anda bisa memilih apakah ingin menerima dana gukmin secara tunai di bandara ataupun secara transfer ke rekening tabungan.
Selanjutnya anda akan diberi perhitungan jumlah dana pensiun yang akan anda terima.




      Untuk pembayaran lewat rekening, uang akan dikirim setelah satu bulan dari hari kepulangan anda. Biasanya petugas akan memberitahu kita tanggal pengiriman uang, dan memberi nomor yang bisa dihubungi apabila uang belum anda terima pada tanggal tersebut.
     
     Sedang untuk pembayaran tunai di bandara, pada saat hari kepulangan anda harus datang ke loket bank yang telah ditunjuk oleh petugas gukmin ketika anda mendaftar dulu. Prosesnya hampir sama seperti saat mengurus twejigem di bandara seperti yang telah saya tulis sebelumnya.

3 komentar: